
Pada Kali ini saya akan menuliskan inti dari seminar Game Open Lecture “Game Industri, Global and Indonesia Opportunity and Challenges” yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2014 di Kampus Universitas Gunadarma. Pada Seminar ini terdapat empat pembicara yaitu, Andreas Adriono dari TIM UG IBC, Wong Lok Dien, Kim Kyoung Hwan, Stephen ceo.
Pembicara Wong Lok Dien
The Rise Of Gaming
Ada beberapa tahap pembuatan game yang baik yaitu :
- Bunch of references
Untuk membuat game yang baik harus diperlukan
banyaknya referensi.
- Free & Easy to Use tools
Pada tahap ini melakukan implementasi pada aplikasi
game yang akan kita buat.
- Monetize ready
Setelah game selesai dibuat maka siap untuk
mendapatkan uang.
- Open market
Pada tahap ini adalah tahap yang terpenting, yaitu
aplikasi kita yang support untuk semua market khususnya platform smartphone.
Selanjutnya terserah kita tentang concept, execution,
distribution, marketing/promotion, service & operation
Pembicara Kim Kyoung Hwan
Game Engine Unity 3D
Aplikasi Game Engine Unity 3D ini kita diberi banyak kemudahan,
dari segi tools dan dokumentasi yang sangat jelas. Kita hanya memerlukan
ketelitian dan keterampilan untuk membuat desain grafis yang nyata, sehingga
game yang kita buat dapat sesuai dengan aslinya. Sekarang dalam membuat game
kita tidak hanya seorang programmer saja yang bisa melakukan itu, tetapi orang
biasa pun bisa membuat game. Unity 3D engine adalah aplikasi paling murah dari
aplikasi engine yang lainnya, Unity 3D support untuk membuat game dari berbagai
platform yaitu, iOS, Android, Flash, Windows, Mac, PS3, Xbox 360, Wii, Web
Player, Blackberry.
Pembicara Stephen ceo
Mobile Game Market Smart Trends and Success Stories
pemasaran global mobile market sangat meningkat
dibandingkan game PC. Di Amerika pada awalnya hanya memproduksi game untuk PC
saja, tetapi setelah Apple muncul perubahan terjadi yang awalnya hanya membuat
game PC sekarang banyak yang membuat game mobile. Pemakaian mobile game sendiri
terbilang sangat banyak dan luas, karena dari anak-anak sampai orang tua pasti
menyukai game. Sekarang di Asia pun sama seperti di Amerika yang lebih banyak
menyukai game mobile dari pada PC. Karena alasannya bisa dimainkan dimana dan
kapan saja.
- Company
game mobile Korea yang sukses antara lain:
1. Gamevil
2. Com2us
3. Pictosoft
4. Talk
5. SundayTOZ
6. pAti
7. nfx
- Tidak
hanya Korea, Indonesia pun memiliki beberapa web game / game online yang
sukses, antara lain:
1. PT.
Kreon
2. Lyro
3. Megaxus
Pembicara Andreas Adriono
Game : 1. Game Yesterday & Today
2.
Game Component
Game Yesterday & Today
Adalah game popular, atau sepanjang masa. Game yang
baik bukan hanya story yang baik, tetapi game yang tidak membuat Orang yang memainkan
game ini tidak akan pernah bosan karena gemenya yang sangat bagus dan menarik. Dalam membuat game tidak hanya
dengan koding yang baik tetapi harus juga dengan ide yang baik. Contoh dari Game ini
: Prince Of Persia, Doom, dll.
Game Component
Adalah sekumpulan komponen atau isi dari game itu
sendiri. Game component terdiri dari dua bagian yaitu content dan engine.
Content terdiri dari Sound, Effect, Lighting, Level
design, Animation, Etc
Engine terdiri dari:
- Motion
capture:
Faktor lain agar game itu sukses
1. Permainan
Game (Playability
and game play)
2. Bagaimana
Game itu bisa disukai (How
fun are the Game)
3. Harga
(Price)
4. Inovasi
yang baik (Innovation
only god when these two above factor are met.)
5. Waktu
(Timing)
6. Permainan
dalam pasar (Play
by industry)
- Innovation
controller game
Brain Computer interface : suatu device yang digunakan
untuk menjembatani otak dengan computer. Innovasi ini menggunakan syaraf otak
untuk mengatur suatu permainan. Fungsi dari BCI ini juga dapat digunakan untuk melihat
fungsi apakah yang terkandung dalam otak seseorang.
0 komentar:
Posting Komentar