New Media merupakan suatu perantara baru untuk pertukaran
informasi. Secara sederhana New Media tercipta akibat adanya interkasi
masyarakat dengan komputer dan internet. Seiring bertumbuhnya kebutuhan
informasi pada saat ini, maka New Media semakin populer pada saat ini. Disini saya akan
membahas beberapa contoh dari aplikasi new media, yaitu Facebook, Twitter dan
Youtube. Saya akan menganalisa, fitur, manfaat dan dampak negatifnya.
FACEBOOK
1. Analisa Facebook
Sejarah
Facebook adalah sebuah layanan jejaring
sosial dan situs web yang
diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih
dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar
sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan,
termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain
itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang
sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau
ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar
seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". Nama layanan ini
berasal dari nama buku yang
diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak
administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa
mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13
tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Facebook didirikan oleh Mark
Zuckerberg bersama teman sekamarnya
dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo
Saverin, Dustin
Moskovitzdan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini
awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan
lain di Boston, Ivy League,
dan Universitas Stanford. Situs ini secara
perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk
siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia
minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di
bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10
tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan
Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut
jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar
"terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya
kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita,
mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook
diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9
juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. MenurutSocial Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk
Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski
begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan
hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Fitur dari Facebook
* UMUM
- Chat,
- Notifikasi,
- Games Flash,
- Message dan Inbox,
- Networks, Groups, dan Like
Pages.
* APLIKASI
- Events
- Marketplace
- Notes
- Places
- Platform
- Questions
- Photos
- Videos
Manfaat Facebook
- Ajang saling ketemuan, manfaat yang
paling terasa dari Facebook dalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
- Mendapatkan
teman baru,
- Tempat jual
beli,
- Tempat
diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang
berfungsi seperti forum. Anda bisa
berdiskusi tentang apapun.
Dampak dari
FACEBOOK
Dampak Negatif
Banyak sekali akun palsu yang
bertujuan untuk malakukan kejahatan contohnya seperti penipuan saat berjualan
dan yang lebih ramai adalah penculikan.
Dampak Positif
Mempererat silaturrahmi.
Kita dapat selalu berkomunikasi dengan teman/kerabat dekat/saudara kita
yang mungkin sudah sulit kita temui secara tatap muka dah rumahnya jauh dari
rumah kita.
TWITTER
1. Analisa Twitter
Sejarah
Twitter adalah sebuah situs web yang
dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan
adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil
pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi
pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat
kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua
pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi
eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS)
yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno,
California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter
juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston,
Massachusetts.
Sejak
dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan
popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta
pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter
memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the
"Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.
Fitur dari Twitter
Laman Utama (Home)
Pada
halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang
menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan(tweets) yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut(Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan(tweets) seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan(tweets) yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Mention
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan(tweets) yang sudah pernah dikirim-tampil.
Pengikut(Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan(tweets) seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan(tweets) yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
Mention
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
Favorit
Kicauan
ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
Pesan Langaung (Direct Messege)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
Hashtag
Hashtag yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
List
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan Hashtag lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya.
Pesan Langaung (Direct Messege)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
Hashtag
Hashtag yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
List
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan Hashtag lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal tertentu tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun karena fenomena budaya.
Manfaat Twitter
Mendapatkan
berita terkini
Ada begitu banyak media cetak dan elektronik yang aktif di Twitter (@korantempo, @ssfm100, @detik) . Anda dapat memfollow mereka untuk mengetahui berbagai berita terkini.
Ada begitu banyak media cetak dan elektronik yang aktif di Twitter (@korantempo, @ssfm100, @detik) . Anda dapat memfollow mereka untuk mengetahui berbagai berita terkini.
Dampak dari Twitter
Dampak Negatif
Banyak sekali akun palsu yang memberikan
informasi yang yang tidak benar (hoax)
Dampak Positif
Mempermudah mendapatkan informasi, mengetahui pembahasan yang sedang hangat
di bahas.
YOUTUBE
1. Analisa YOUTUBE
Sejarah
YouTube didirikan pada
Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley
pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania.
Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas
Illinois di Urbana-Champaign.
YouTube adalah sebuah situs web video
sharing (berbagi video)
populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip videosecara
gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV,
serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video
di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang
memiliki plugin Flash Player.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISP Indonesia
menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran
sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi
pemblokiran terhadap URL tertentu yang memuat video tersebut
saja.
Fitur dari YOUTUBE
Fitur Social Youtube
Fitur ini
memungkinkan kita menambahkan akun social media lainnya di chanel youtube kita.
Google + sudah menjadi secara default connect, untuk yang lainnya kita tinggal
tekang connect kemudian akan di arahkan ke APP social media tersebut.
Fitur Browse page
The
YouTube Browse page adalah hompage dimana kita bisa melihat video yang paling
banyak dilihat baik dari keseluruhan category mapun keseluruhan category.
Disana juga ada Most Viewed Today di youtube
Manfaat Youtube
Manfaat dari youtube adalah segabai sarana hiburan yang berupa video.
Dampak dari
Youtube
Dampak Negatif
Banyak sekali video yang mengandung
SARA, PORNOGRAFI, dan PENGHINAAN.
Dampak Positif
sebagai media untuk menuangkan seni
hiburan dan sebagai sarana kampanye.
YAHOO
1. Analisis Yahoo
Sejarah
Yahoo! Inc. adalah sebuah
perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika
Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance,Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah
satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut
sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap
bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik "lebih
dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki
30 bahasa."
Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari
1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan
eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai
CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli. Yahoo
telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu
berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumniUniversitas Stanford mendapat liburan
ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya
mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak
membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan
berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya
sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18
Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya
pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.
Fiture Yahoo
Mode pencarian
Yahoo memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara
lain Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping
Search.
Komunikasi
Yahoo menyediakan layanan internet dalam bidang komunikasi, antara lain Yahoo! Messenger dan Yahoo! Mail. Selain itu, Yahoo juga menawarkan layanan jejaring sosial dan user-generated content seperti My Web,
Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, Delicious, Flickr, dan Yahoo!
Buzz.
Konten
Yahoo! bekerja sama dengan banyak penyedia konten
dalam produk seperti Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo!
Movies, Yahoo! News, Yahoo! Answers dan Yahoo! Games untuk menyediakan konten
media dan berita. Yahoo juga menyediakan layanan personalisasi, My Yahoo!, yang
mana memungkinkan pengguna untuk menggabungkan fitur Yahoo! favorit mereka, isi
konten dan informasi ke dalam satu halaman. Pada tangal 31 Maret 2008, Yahoo
meluncurkan Shine, sebuah situs yang dirancang untuk wanita usia 25 sampai 54
tahun untuk mereka mencari informasi dan saran secara online.
Mobile
Yahoo! Mobile menawarkan layanan on-the-go messaging,
seperti email, instant messaging, dan mobile blogging; layanan informasi, pencarian dan pengingat, hiburan,
nada dering, dan Yahoo! Foto untuk ponsel berkamera.
Yahoo juga memperkenalkan sistem pencarian, yang disebut oneSearch pada tanggal
20 Maret 2007, yang dikembangkan khusus untuk ponsel. Yahoo menyatakan bahwa
layanannya ini berbeda dari pencarian Web biasa, karena menyajikan daftar informasi aktual, yang mencakup: headline berita, gambar
dari situs foto Yahoo! Flickr, daftar bisnis, cuaca lokal dan
link-link ke situs lainnya. Untuk memulai penggunaan layanan ini, Yahoo
oneSearch memerlukan kode pos atau nama kota di mana
pengguna berada agar bisa memberikan hasil pencarian lokal. Hasil pencarian
tercantum pada halaman tunggal dan disusun berdasarkan prioritas ke dalam
kategori-kategori. Daftar hasil didasarkan pada hasil perhitungan Yahoo atas
informasi tertentu yang dicari oleh pengguna. Untuk layanan oneSearch ini,
Yahoo menggunakan layanan mobile content transcoding Navarra.
Perdagangan
Yahoo! menawarkan layanan perdagangan seperti Yahoo!
Shopping, Yahoo! Autos, Yahoo! Real Estates, dan Yahoo! Travel, yang
memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan melakukan
transaksi komersial dan pembelian online. Selain itu, Yahoo juga menawarkan e-commerce platform yang disebut Yahoo Merchant Solutions
(juga dikenal dengan Yahoo! Store). Yahoo! Auctions sendiri telah dihentikan
pada tahun 2007, kecuali untuk bagian Asia.
Usaha Kecil
Yahoo menyediakan layanan seperti Yahoo! Domain,
Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant Solutions, Yahoo! Business Email, dan
Yahoo! Store untuk pemilik usaha kecil dan profesional yang memungkinkan mereka
untuk membangun sendiri toko online dengan perangkat yang dimiliki oleh Yahoo.
Yahoo juga menawarkan HotJobs untuk membantu pencari tenaga kerja untuk
menemukan tenaga kerja yang mereka cari.
Link Bisnis / Periklanan
Yahoo! Search Marketing menyediakan layanan seperti
Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit untuk
para pebisnis mengiklankan produk dan jasa mereka
dijaringan Link Bisnis Yahoo!. Yahoo! Publisher Network
merupakan sebuah alat link bisnis untuk penerbit online untuk
menempatkan Link Bisnis yang
relevan dengan konten mereka untuk membuat situs Web mereka.
Pada tanggal 5 Februari 2007, Yahoo meluncurkan sebuah sistem penjualan link
bisnis di internet baru, yang disebut Panama. Hal ini memungkinkan pengiklan
untuk menampilkan link bisnis mereka untuk istilah pencarian yang didasarkan
pada popularitas mereka agar nantinya link bisnis mereka muncul di halaman
hasil pencarian. Melalui Panama, Yahoo bermaksud untuk memberikan hasil yang
pencarian yang relevan bagi pengguna, pengalaman yang lebih baik, serta
peningkatan monetasi –untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak dari tampilnya
sebuah link bisnis. Pada tanggal 7 April 2008, Yahoo mengumumkan APT dari
Yahoo!, yang awalnya bernama AMP. APT merupakan sebuah platform manajemen link
bisnis online. Platform ini bertujuan untuk menyederhanakan penjualan link
bisnis dengan menyatukan pembeli dan pasar penjual. Layanan ini diluncurkan
pada bulan September 2008.
Yahoo! Next
Yahoo! Next merupakan inkubasi dasar dari masa depan teknologi Yahoo yang mana kini sedang dalam tahap
pengujian beta. Yahoo! Next berisi forum pengguna Yahoo di mana
pengguna Yahoo dapat memberikan umpan balik untuk membantu pengembangan
teknologi masa depan Yahoo. Yahoo! Next ini diciptakan oleh Jerry Page dan
David Shin.
Yahoo! BOSS
Yahoo! Search BOSS adalah layanan yang memungkinkan
pengembang untuk membangun aplikasi pencarian berdasarkan teknologi pencarian Yahoo. Mitra awal dalam program ini
adalah Hakia, Medium, Delver, Daylife, dan Yebol.
Yahoo! Koprol
Yahoo! Koprol merupakan jejaring sosial Indonesia berdasarkan lokasi seperti
pada GPS tanpa adanya alat GPS.
Manfaat Yahoo
Kita bisa ngengirim surat,file, dan program
dengan cepat dengan menggunakan layanan internet yang bernama yahoo
Dampak Yahoo
Dampak Negatif
Kantor pos menjadi sepi disebabkan oleh
beralihnya pengiriman surat melalui yahoo
Dampak Positif
Bisa mengirim surat dengan cepat menggunakan
yahoo dan tidak harus pergi ke kantor pos
BLOG
1. Analisis Blog
Sejarah
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang
dimuat sebagai posting)
pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut
terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama),
meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses
oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si
pengguna blog tersebut.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya
PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002
yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan
kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat
beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye
politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.
Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian
lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas
interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom
komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan
komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga
yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat
weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang
aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk
beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu
sering disebut sebagai blogstorm ataubadai blog.
Fitur Blog
Dasar :
·
Daftar Blog.
·
Tampilan
Slide.
·
Link
Berlangganan.
·
Polling.
·
Daftar.
·
Daftar Link.
·
Gambar.
·
Teks.
·
HTML/JavaScript.
·
Feed.
·
Label.
·
Newsreel.
·
Baris Video.
·
Logo.
·
profil.
·
Arsip Blog.
·
Header
Halaman.
Manfaat Blog
1.
Menambah pengetahuan
2.
Membantu orang lain
3.
Menyalurkan bakat
4.
Menghasilkan uang
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar